Share To Know Everything
this site the web

Sunnah Setelah Bangun Tidur


Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Assalamu'alaikum Wr. Wb..

Begitu banyak sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam yang bisa kita laksanakan saat melalui hari-hari kehidupan kita di dunia. Dimulai saat kita mengawali hari, yaitu saat kita bangun dari tidur di pagi hari hingga tidur lagi pada malam harinya. Berikut beberapa sunnah yang bisa kita laksanakan setelah bangun dari tidur:

1. Mengusap bekas-bekas tidur di wajah dengan menggunakan tangan. Hal ini disebutkan dalam hadits yang ditegaskan oleh an-Nawawi dan Ibnu Hajar : "... Rasulullah kemudian bangun tidur. Beliau lalu duduk sambil mengusap (bekas) tidur di wajah beliau dengan tangan beliau." (HR.Muslim)

2. Berdo'a, yaitu membaca do'a sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ 
"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah (kami) kembali." (HR. Al-Bukhari)

3. Memakai siwak. Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika bangun tidur menggosok mulutnya dengan siwak. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Al-Istintsar (Menghisap air ke dalam hidung). Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: "Tatkala salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya dia menghisap air ke hidung sebanyak tiga kali. Sesungguhnya setan menginap di lubang hidungnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Membasuh kedua belah tangan sebanyak tiga kali. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: "Ketika salah seorang diantara kalian bangun dari tidurnya, hendaknya dia tidak mencelupkan tangannya ke dalam tempat (air) sampai dia membasuh tangannya itu sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari dan Muslim)





0 komentar: