Share To Know Everything
this site the web

Forum Annisa, Edisi 25 Februari 2011


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum Wr.Wb...
 
Forum Annisa UKMK Al Furqan UPI "YPTK" Padang, edisi Jum'at 25 Februari 2011.
Tema : Satu jam lebih dekat dengan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam
Pemateri : Yetti Mariza M. Gaffar, S.Kom


Alhamdulillah Forum Annisa (FA) perdana pada kepengurusan yang baru (periode 2010-2011) yang berlangsung pada tanggal 25 Februari 2011 kemarin berjalan lancar. Dan Subhanallah pesertanya juga bertambah banyak dari FA sebelum-sebelumnya (yang pernah saya ikuti).
Langsung saja pada inti acaranya, pada edisi FA kali ini dari keputrian UKMK Al Furqan mengangkat tema “Satu jam lebih dekat dengan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam” sebagai kajian yang dibahas pada majelis ini. Menarik bukan materinya? Kenapa cuma satu jam?  Karena acara ini cuma berdurasi selama 1 jam saja . Namun kita bisa lebih dekat lagi kok dengan Rasulullah, dengan jalan membaca Sirah Beliau dan senantiasa melakukan sunnah sunnah Beliau hingga lebih menguatkan iman kita pada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, Insya Allah… ^_^
 Selain materinya yang menarik, pematerinya juga asyik yaitu alumni kampus UPI juga dan pernah menjabat sebagai ketua keputrian UKMK Al Furqan kak Yetti Maiza M.Gaffar, S.Kom. Karena kak Yet (begitu kami sering memanggil beliau) pandai mengisi acaranya jadi peserta tidak bosan dengan penyampaian materi saja, namun sekali-kali ada juga games dan “candaan” yang memancing gelak tawa peserta, jadi suasananya menjadi cair, santai, namun tetap fokus pada materi yang disampaikan.
Seperti apa materinya?
Ternyata, Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 12 Rabbiul Awal bukanlah tanggal kelahiran Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, namun sebenarnya pada tanggal itu adalah hari wafatnya Rasulullah (menurut para ahli sirah Nabi yang kebenarannya Insya Allah valid). Kapan tepatnya Rasulullah lahir, belum bisa diketahui secara pasti kebenarannya.
Pada tanggal 12 Rabbiul Awal banyak umat Muslim yang “salah” mengartikan dan memperingatinya dengan cara yang juga “salah”. Banyak umat Muslim yang memperingatinya dengan melakukan ritual-ritual khusus seperti, harus ada bacaan atau dzikir tertentu yang dibaca pada saat perayaan. Padahal seharusnya kita memperingatinya dengan cara lebih banyak bershalawat dan lebih mengenal Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam.
Setelah kita berusaha lebih mengenal beliau (dengan membaca sirah dan melaksanakan sunnah Beliau), maka timbul pertanyaan. Sejauh mana kita mengenal Rasulullah? Apakah Rasulullah sudah menjadi idola bagi setiap umatnya? Semua itu bisa terjawab apabila kita sudah menjadi seorang Mukmin, karena Rasulullah ada di hati setiap Mukmin.
Jika kita mengaku sudah mengenal Rasulullah, maka timbul lagi pertanyaan. Apakah Rasulullah pernah merayakan Valentine’s Day?
Valentine’s Day yang jelas-jelas oleh umat Kristen diperingati untuk mengenang kematian seorang pendeta bernama Valentine pada hari ini masih juga ada umat Islam yang memperingatinya. Sungguh miris apabila mendengar apalagi melihat fenomena tersebut. Mereka mengikuti kebanyakan yang orang lakukan padahal merka tidak mengetahui, seperti yang tercantum pada Al Qur’an:
وَإِن تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي اْلأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللهِ إِن يَتَّبِعُونَ إِلاَّ الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلاَّ يَخْرُصُونَ
“Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.  Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan.”
(QS. Al-An’am : 116)
dan
وَلاَتَقْفُ مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُوْلاَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً

“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.”
(QS. Al-Isra:36)

Padahal Rasulullah tidak pernah mengajarkan kasih sayang yang hanya sekali saja setahun, Rasulullah mengajarkan kasih sayang setiap hari kepada setiap saudara kita (se-akidah) dan BUKAN SEHARI saja pada tanggal 14 Februari.

Demikian materi yang kami dapat selama 1 jam acara, masih sangat kurang rasanya. Karena itu perlu membaca Sirah Nabawiyah jika ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam.

Insya Allah dengan mengadiri majelis ini (FA) banyak ilmu yang akan kita dapat, yaitu ilmu yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Amin… Dan kita juga bisa mendapatkan banyak teman baru yang insya Allah akan memperkuat ukhuwah kita sesama Muslim, tentunya… ^_^
Keep hamasah ^_^

0 komentar: