Share To Know Everything
this site the web

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum Wr.Wb...


Air adalah sesuatu yang sudah sangat lekat pada diri kita. Setiap hari semua makhluk hidup membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Namun, berapa banyak tubuh kita membutuhkan air setiap harinya? Ternyata tubuh kita membutuhkan minimal 8 gelas atau 2 liter air setiap harinya untuk dikonsumsi.

Mengapa begitu? Karena setiap hari tubuh kita mengeluarkan sekitar 2 liter air melalui kulit (keringat), paru-paru (pernapasan), usus (sekresi), dan ginjal (air seni). Dan cairan yang keluar dari tubuh kita tersebut harus diganti agar metabolisme dalam tubuh berjalan baik dan normal. Tubuh kita terdiri dari 80% air, bahkan organ penting seperti otak dan darah memiliki kadar air lebih dari 80%. Oleh karena itu apabila tubuh kekurangan air (dehidrasi) dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, badan pegal-pegal, dan mengganggu fungsi kerja otak sehingga dapat berpengaruh negatif terhadap aktifitas yang sedang kita kerjakan. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat air bagi tubuh kita :

1. Memperlancar sistem pencernaan
Air sangat penting bagi proses pencernaan. Sehingga apabila kekurangan air perut akan sakit dan bahkan bisa menyebabkan penyakit yang menyerang pencernaan seperti maag dan sembelit.

2. Membuat tubuh menjadi lebih sehat

Air dapat meringankan kerja ginjal dan hati dalam tubuh sehingga kita bisa terhindar dari penyakit yang menyerang ginjal dan hati. Selain itu air juga dapat memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker.

3. Memberikan kecantikan alami kulit
Kekurangan air bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut, oleh karena itu air dibutuhkan agar kulit menjadi lebih lembab dan terlihat sehat.

4. Melangsingkan tubuh
Air terbebas dari kandungan lemak, kalori, dan gula sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Minumlah air hangat sebelum makan, karena dengan minum air hangat sebelum makan dapat membuat kita cepat merasa kenyang sehingga bisa mengurangi porsi makan kita. Selain itu air juga bisa menguraikan lemak yang tersimpan dalam tubuh kita.

5. Meningkatkan kesuburan
Mandi dengan air dingin setiap pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita.

Itulah beberapa manfaat air bagi tubuh kita. Jangan malas-malas lagi ya untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Apalagi kalau sampai malas mandi pagi bahkan tidak mandi seharian, sudah jorok nggak sehat pula hehehe... :-).
Dengan memanfaatkan air sebaik-baiknya insya Allah dapat menyehatkan tubuh kita, dan tak lupa katakan perkataan yang baik pada air tersebut sebelum dimanfaatkan agar pengaruh yang kita dapatkan juga pengaruh yang positif dari air tersebut.

***
By: IF

0 komentar: